Badan Karantina Pertanian
 

Karantina Uji Terap Perkuat Kompetensi SDM dalam Publikasi Ilmiah Internasional

Administrator 14 Agustus 2018 302

Bekasi (14/8) - Publikasi ilmiah berbasis elektronik saat ini menjadi salah satu tuntutan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu tupoksi Karantina Uji Terap adalah melaksanakan kegiatan uji terap yang tentunya tidak terlepas dari tuntutan ini. Publikasi ilmiah internasional serta aplikasi sistem e-journal menjadi salah satu kebutuhan. Oleh karena itu, selama bulan Juli 2018, seluruh pejabat fungsional Karantina Hewan dan Karantina Tumbuhan lingkup Karantina Uji Terap mengikuti kegiatan Workshop Publikasi Ilmiah Internasional. Narasumber didatangkan dari Hayati Journal of Biosciences yang telah terindeks Scopus dari Institut Pertanian Bogor dan digawangi oleh Dr. Iman Rusmana serta Nelly Arifyani selaku Senior Licensing Manager Indonesia dari Springer Nature.

“Ini adalah wujud komitmen kami dalam mendukung publikasi hasil uji terap yang telah dilaksanakan. Tidak hanya untuk level nasional saja, melainkan hingga tingkat internasional. Sehingga lebih banyak memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Juga diperlukan untuk meningkatkan kompetensi para pejabat fungsional dalam memenuhi salah satu butir kegiatan fungsional,“ ungkap Mira Hartati selaku Kepala Karantina Uji Terap.

Seluruh peserta dilatih untuk menyusun jurnal ilmiah berbahasa asing dan dilanjutkan dengan mengikuti sosialisasi aplikasi database e-journal dari Springer Nature. Dr. Berry Juliandi selaku Chief Editor Hayati Journal of Biosciences berkata “Inspirasi untuk menulis bisa diperoleh dari mana saja. Salah satunya dengan memperbanyak membaca”. Selain peningkatan kompetensi bahasa asing, peserta juga diberikan materi tentang strategi dan tahapan publikasi internasional, etika publikasi ilmiah, dan teknis penulisan artikel serta korespondensi jurnal ilmiah. “Aplikasi sistem e-journal dengan segala kecepatan dan kelebihannya akan memudahkan para peneliti untuk mengikuti update ilmu pengetahuan. Baik dalam mencari referensi ilmiah maupun mempublikasikan hasil penelitian ilmiah” terang Nelly selaku salah satu narasumber.

Mengingat sebegitu penting tentang aplikasi database e-journal, maka Karantina Uji Terap merekomendasikan kepada Springer Nature untuk mensosialisasikan aplikasi ini kepada UPT lingkup Barantan, salah satunya seperti yang telah dilaksanakan oleh Karantina Medan.


Related Post