Badan Karantina Pertanian
 

Selain Gandum, Komoditas Jagung dan Kedelai Rusia Bisa Masuk Indonesia

Administrator 18 September 2018 190

Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki laboratorium penguji keamanan PSAT yang telah diregistrasi oleh Badan Karantina Pertanian.  Registrasi laboratorium tersebut ditetapkan dalam Kepmentan No. 1178/Kpts/KR.040/L/8/2016 dan Kepmentan No. 1796/Kpts/KR.040/K/12/2016.  Dalam SK tersebut terdapat lampiran (attachment) tentang daftar kontaminan yang wajib diuji pada PSAT yang diekspor dari Rusia ke Indonesia.  Jenis PSAT yang menjadi ruang lingkup yaitu Gandum.

Saat ini terdapat 4 (empat) laboratorium milik Rusia yang telah diregistrasi yaitu Testing Laboratory of Rostov Branch of FSFI (Federal Centre for Grain and Grain Products Safety and Quality Assurance, Testing Laboratory for Novorossiysk Branch of FSFI “ Federal Centre of Safety and Quality”, Testing Laboratory for Product Safety and Quality Evaluation of FSFI (Federal Centre for Grain and Grain Products Safety and Quality Assurance), Primorye Branch FSFI “Center for Grain Quality Assessment”.  Dengan demikian setiap pemasukan PSAT dari Rusia harus diuji keamanan pangannya dan diterbitkan Sertifikat Hasil Uji (CoA) oleh laboratorium yang telah diregistrasi tersebut.

(Nma)

Pada 18 Juli 2017 lalu, Pemerintah Rusia melalui Kedutaan Besar Rusia di Jakarta menyampaikan permohonan penambahan komoditas dalam lampiran (Attachment) Kepmentan tentang Registrasi laboratorium penguji keamanan PSAT Negara Rusia.  Berdasarkan hasil kajian Tim direkomendasikan hanya 10 (sepuluh) komoditas yang sesuai dengan Permentan No. 55 Tahun 2016, namun penambahan komoditas tersebut ke dalam lampiran Kepmentan No. 1796/Kpts/KR.130/K/12/2016 dapat dilakukan setelah dilakukan kajian Analisis Risiko OPTK atau Pest Risk Analysis (PRA) pada 10 (sepuluh) komoditas PSAT tersebut.  Setelah dilakukannya Analisis Risiko OPTK, saat ini dari 10 komoditas tersebut telah disetujui 2 (dua) komoditas yaitu Jagung (maize) dan Kedelai (Soybean).  Oleh karena itu kedua komoditas tersebut ditambahkan dalam lampiran (Attachment) Kepmentan tentang Registrasi laboratorium penguji keamanan PSAT Negara Rusia, sehingga Negara Rusia dapat mengekspor komoditas Jaguang dan Kedelai, selain Gandum yang selama ini sudah berjalan.  Persyaratannya untuk memasukan komoditas tersebut wajib menyertakan Prior Notice dan Sertifikat Hasil Pengujian Keamanan PSAT tersebut (CoA).  Dokumen lengkap Attachment tersebut dapat dilihat pada file ini.


Related Post