Badan Karantina Pertanian
 

WORKSHOP NASIONAL ANALISA RISIKO HPHK TAHUN ANGGARAN 2018

Administrator 02 Oktober 2018 141

Bogor (28/9), Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani telah melaksanakan kegiatan Workshop Analisa Risiko HPHK T.A 2018. Workshop ini bertujuan untuk menunjang tugas dan fungsi  utama karantina pertanian yaitu mencegah masuk, keluar dan tersebarnya penyakit hewan karantina.  Selain itu hasil dari analisa risiko ini berfungsi untuk meminimalkan risiko masuknya penyakit melalui pelaksanaan manajemen risiko. Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu-Jumat 26-29 September 2018 di Hotel Salak The Heritage, Bogor. Workshop dibuka oleh kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani drh. Agus Sunanto, MM dalam sambutannya kepala pusat berpesan agar kegiatan ini diikuti sebaik mungkin dan agar menyerap seluruh ilmu dari narasumber terkait analisa risiko, karena analisa risiko saat ini telah menjadi salah satu senjata kita untuk mencegah masuknya HPHK melalui importasi hewan/produk hewan dari luar negeri.

 

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Dr.Ir. Etih Sudarnika, M.Sc, Drh. Indrawati Sendow, M.Sc, Dr. drh. Agung Budiyanto, MP, drh. Hendra Wibawa, MP, PhD. Peserta workshop berasal dari  36 UPTKP. Sebelum pelaksanaan workshop, para peserta telah membuat dokumen analisa risiko terhadap lalulintas Media pembawa strategis di tempatnya bekerja. Pembuatan dokumen analisa risiko dibuat secara berpasangan 2 UPT, yaitu sebagai tempat pemasukan dan sebagai tempat pengeluaran sehingga data yang dihasilkan lengkap dan diharapkan dapat tepat sasaran. Dalam workshop ini tim narasumber di bantu oleh tim reviewer (yang terdiri dari MV Madya Utama Pusat KHH) menilai dan memberi masukan terhadap dokumen risiko yang telah dibuat. Sehingga diharapkan peserta workshop dapat membuat dokumen analisa risiko yang baik dan sesuai dengan pedoman analisa risiko HPHK tahun 2018. Terdapat 19 dokumen analisa risiko yang dihasilkan dari workshop ini.

 

 

Acara diawali dengan pemaparan pedoman analisa risiko HPHK tahun 2018 oleh Kepala Sub Bidang Karantina Hewan Hidup Impor Dr.drh.Mujiatun, MSi, kemudian dilanjutkan dengan kompilasi /rangkuman hasil review dokumen analisa risiko. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber dan presentasi 3 (tiga) dokumen analisa risiko yang dianggap telah mendekati/sesuai dengan pedoman. Kemudian seluruh peserta di bagi menjadi 3 kelompok untuk lebih intensif dalam berdiskusi pendalam materi analisa risiko dan perbaikan dokumen risiko yang telah dibuat dengan reviewer dan narasumber. Diharapkan melalui Workshop Nasional Analisa Risiko HPHK TA 2018 ini petugas karantina dapat terampil dalam membuat dokumen analisa risiko dan pro aktif dalam menganalisa risiko lalulintas media pembawa HPHK di tempatnya bekerja.

 

Materi narasumber dapat di unduh melalui link di bawah ini:

 

http://bit.ly/WORKSHOP_ANRISK_BARANTAN_SALAKHERITAGE_2018


Related Post